Waduh Sapi Qurban Mengamuk di Padang

Adrian | Editor - Selasa, 20 Juli 2021, 17:49 WIB

Satu sapi qurban di Jati Rumah Gadang memgamuk saat mau disembelih., Selasa 20 Juli 2021.Satu sapi qurban di Jati Rumah Gadang memgamuk saat mau disembelih., Selasa 20 Juli 2021./jam

FIXPADANG ---Langka terjadi, satu ekor sapi qurban di Padang tak sudi disembelih, sapi warna putih itu mengamuk melawan saat mau disembelih penjagal sapi qurban di Mushala Jamiatul Ikhwan, Jati Rumah Gadang, Kelurahan Jati, Kecamatan Padang Timur Kota Padang.

Meski mengamuk tidak menimbulkan kroban, akhirnya dengan telaten penjagal menjinakan dan menyembelih sapi itu di tempat dia dijinakan karena mengamuk dan lari dari tiang penjagalan. Sapi gurban itu mengamuk saat panitia membawanya ke tiang penyembelihan.

"Ngamuk sapi tu, nggak mau disembelih, sapi meronta-ronta saat ditarik panitia ke tempat penyembelihan," ujar Mal seoramg warga menyaksikan sapi qurban ngamuk Selasa 20 Juli 2021.

Untuk menghadapi amuk sapi qurban itu panitia mengerahkan  8 orang lengkal dengan strategi menjinakan dan menangkap sapi itu kembali, panitia qurban Mushala Jamiatul Ikhwan mau tak mau harus berjibaku agar sapi yang melawan bisa dirobohkan untuk dipotong.

Perlu waktu hampir satu jam dan butuh tenaga ekstra dari panitia untuk menyembelih sapi berbobot  75-80 kilogram itu.

Awalnya setelah diikat kembali sapi ngamuk itu mau dibawak dengan becak motor, tapi urung karena terus melawan, akhirnya penjagal sapi qurban memotong di tempat sesuai dengan syariat menyembelih sapi qurban.

"Ya kami berinisiatif menyembelih sapi kurban ditempat.Setelah berhasil disembelih dan dikuliti, barulah sapi itu dibawa untuk dibersihkan dagingnya," ujar seorang panitia menginfokan. 

Mushala Jamiatul Ikhwan sendiri pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah menyembelih hewan kurban sebanyak 12 ekor sapi dan telah mendistribusikan sebanyak 600 kupon dengan total peserta qurban 84 orang yang terbagi dalam 7 kelompok.

Editor: Adrian

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler

sorot