SOLO

Adrian | Editor - Sabtu, 3 April 2021, 18:17 WIB

Adrian TuswandiAdrian Tuswandi

Oleh: Adrian Tuswandi

KOTA yang banyak melahirkan pemimpin republik, Solo j(angan dibaca Oslo,-rwd) pun dikenal sebagai kota pertama yang mengenall penyiaran.

Pasalnya radio pertama mengundara di bumi nusantara itu dari Kota Solo. SRV diprakarsai KGPAA Mangkunegoro VII pada 88 tahun lalu, menjadi radio pertama milik anak pribumi.

Hari ini 1 April 2021, Solo menjadi pusat peringatan Hari Penyiaran Nasional (Hasiarnas) dihadiri Menkominfo Jhoni G Plate. 

Solo, kota yang banyak makna sarat magnit membentot siapa saja hadir di kota kelahiran Presiden Joko Widodo dan kini Walikotanya Gibran Mangkubi putera Presiden Jokowi yang hadir di puncak Hasiarnas di Auditorium RRI sana dengan pakaian aday khas Solo bermasker orange.

KPI Pusat memusatkan kegiatan Hasiarnas di Solo. Ada 20 kegiatan peringatan Hasiarnas yang puncaknya hari ini, why Solo?

Komisioner KPI Pusat dua periode, Yuliandre Darwis menyebut Solo.menjadi handicap Hasiarnas ditetapkan sebagai hari bersejarah oleh Presiden RI Joko widodo.

"Bicara Hasiarnas tidak bisa menghilangkan nama Solo, di kota ini dunia penyiaran Indonesia sejarahnya dimulai dan pengesahan Hasiarnas ditetapkan oleh Presiden yang putera asli Solo pula, itu saat Pak Jokowi menjabat presiden periode pertama," itu ungkapan Yuliandre saat pengesahan Hasiarnas oleh Presiden waktu itu, dia menjabat Ketua KPI Pusat.

Kini puncak peringatan kembali ke Solo. Tentu kata Yuliandre menjadi momentum bersejarah Hasiarnas kembali ke kota asalnya Solo.

Editor: Adrian

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi