Pemerintah Berikan Lisensi Komersialisasi 5G, Jhonny G Plate: Ini Peluang dan Pasar Menjanjikan

Editor | Romelt - Jumat, 28 Mei 2021, 11:56 WIB

Menkominfo Johnny G. Plate bersama Komisaris Utama PT Telkomsel; Wishnutama Kusubandio dan Direktur Utama Telkom Indonesia; Ririek Adriansyah usai menghadiri peresmian 5G Telkomsel di Vertical Garden the Telkom Hub, Kamis 27 Mei 2021 (foto-dok-Humas)Menkominfo Johnny G. Plate bersama Komisaris Utama PT Telkomsel; Wishnutama Kusubandio dan Direktur Utama Telkom Indonesia; Ririek Adriansyah usai menghadiri peresmian 5G Telkomsel di Vertical Garden the Telkom Hub, Kamis 27 Mei 2021 (foto-dok-Humas)

FIXPADANG.COM-Pemerintah berikan dukungan penuh implementasi teknologi 5G di Indonesia karena potensi komersialisasi 5G yang besar karena meningkatkan efisiensi di level pelanggan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, Penyelenggara layanan telekomunikasi atau operator seluler perlu menyiapkan peta jalan (roadmap) yang memadai

"Efisiensi bagi pelanggan tidak saja secara komersial tapi secara teknologi, karena kecepatannya, manfaatnya itu begitu banyak. Tadi sudah digambarkan juga seperti gaming, virtual reality dan lain sebagainya yang bisa digunakan, itu dari human to human communcation, human to machine communcation, dan lagi untuk industri, machine to machine communication," ujarnya usai peresmian   5G Telkomsel di Vertical Garden the Telkom Hub, Jakarta, pada kamis 27 Mei 2021 kemarin.

Baca juga: Rakernis Virtual KI se Indonesia, Nofal Wiska: Pas, Kita Masih Pandemi

Menteri Johnny mengapresiasi peresmian 5G Telkomsel termasuk rencana pergelaran operasi komersial di wilayah Jabotabek dan kota besar lain.

Ia mengingatkan implementasi operasi komersial membutuhkan kerja sama ekosistem, baik kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota hingga pemerintah desa.

Baca juga: Tegas !!! Nevi Zuairina: Program Vaksin Mandiri Jangan Dijadikan Bisnis

“Serta  ekosistem industri untuk memastikan pembangunan teknologi 5G berlangsung dengan lancar. Jangan lupa untuk menyiapkan roadmap yang memadai, karena tidak mudah juga untuk menempatkan microcell di kota besar,” ungkapnya.

Editor: Romelt

Sumber: Kominfo

tags
Artikel Rekomendasi
TERKINI