Ngobrol Keterbukaan di HAKIN-13, Keterbukaan adalah Keharusan

Romelt - Sabtu, 1 Mei 2021, 3:06 WIB

Ngobrol Keterbukaan dalam rangka HAKIN Ke-13, di Kantor KI Sumbar, Jumat 30 April 2021 (foto-Ist)Ngobrol Keterbukaan dalam rangka HAKIN Ke-13, di Kantor KI Sumbar, Jumat 30 April 2021 (foto-Ist)

FIXPADANG.COM-Keterbukaan Informasi adalah keharusan, kata Presiden Jokowi dalam sebuah acara keterbukaan informasi di Solo, beberapa tahun lalu. Kemudian mantan gubernur Sumbar dua periode, Prof. Irwan Prayitno, menegaskan Keterbukaan adalah sebuah keniscayaan.

Begitu pentingnya Keterbukaan Informasi bagi badan publik, maka Komisi Informasi Pusat mulai memasifkan dengan gagasan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) yang hingga tahun 2021 ini telah memasuki peringatan ke 13, bila mengacu ke pengesahan UU No. 14 Tahun 2008, meski pemberlakuannya baru dimulai 2010.

Baca juga: Covid-19 Mengganas, Dua Warga Padang Meninggal Hari Ini

"Meski HAKIN masih bersifat de facto, belum de jure, namun kami di internal Komisi Informasi baik di tingkat pusat maupun provinsi, selalu memperingati setiap tahunnya. Semoga pemerintah bisa segera menetapkan HAKIN sehingga bisa diperingati secara resmi setiap tahun, dengan terbitnya Perpres HAKIN," ungkap Adrian Tuswandi

 Komisioner KI Sumbar dalam acara Ngobrol Keterbukaan dalam rangka HAKIN Ke-13, di Kantor KI Sumbar, Jumat 30 April 2021.

Baca juga: Operasi Yustitusi Tak Pernah Berhenti di Pessel

Selain Adrian, juga tampil sebagai narasumber HM Nurnas (Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar), Jasman Rizal (Kadis Kominfo Sumbar), Gusriyono (Ketua FJKIP Sumbar) dan Isa Kurniawan (Pemerhati Keterbukaan Informasi).

Sementara itu Jasman Rizal mengungkapkan bahwa satu hal yang sangat penting saat ini adalah pembenahan Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID), selain konsolidasi internal antara Komisi Informasi dengan Diskominfo.

Editor: Romelt

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi