Lahan Gambir dan Semak Dilalap Api, Kapolres Turun Tangan Langsung

Adrian | Editor - Jumat, 30 Juli 2021, 6:55 WIB

Kebakaran lahan gambir dan lahan semak kosong, Kapolres Pessel pastikan penyelidikan,  Kamis 29 Juli 2021Kebakaran lahan gambir dan lahan semak kosong, Kapolres Pessel pastikan penyelidikan, Kamis 29 Juli 2021/ory

FIXPADANG --- Lahan gambir dan lahan kosong dipenuhi semak belukar berada di Bukit Taratak Pinggir jalan raya kampung Ujuang Batu, Kenagarian Taluak, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis 29 Juli 2021 sekitar pukul 14.00 Wib dilalap api. 

Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo mengetahui ada kebakaran turun langsung untuk  memastikan kebakaran apakah  hutan dan lahan di wilayah hukumnya turun langsung

Memadamkan kebakaran lahan gambir dam lahan kosong itu dua unit mobil pemadam kebakaran Pol PP dan Damkar, Lengayang dan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan dikerahkan. Turut padamkan api anggota Polsek Batang Kapas bersama  masyarakat berjibaku memadamkan kobaran api melahap lahan gambir serta lahan kosong lebih kurang 10 hektar luasnya. Tiupan angin serta kondisi lahan yang muda terbakar, membuat api cepat membesar. Hingga akhirnya meluas.

Mendapatkan informasi kebakaran lahan, Kapolsek Batang Kapas Iptu Asma Derita dan anggota, Danramil 05 Batang Kapas Kapten Warsidi, Wali Nagari Taluak dan masyarakat langsung mendatangi lokasi kebakaran. 

Kapolsek Batang Kapas Iptu Asma Derita menjelaskan sejak pukul 14.00 Wib siang tadi bertempat di atas Bukit Taratak Pinggir Jalan Raya Taratak Kampung Ujuang Batu telah terjadi kebakaran lahan gambir dan lahan kosong. 

"Ada pun jarak sumber Api dari bukit lahan gambir dan lahan kosong yang terbakar dari jalan raya lebih kurang 30 Meter, " ujar Iptu Asma Derita. 

Dan akibat dari kebakaran lahan Gambir dan lahan kosong yang terjadi dii Kampung Ujuang Batu menghanguskan lebih kurang 10 hektar dan kerugian materil ditaksir Rp 20 juta, kebakaran itu tanpa korban jiwa.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.I.K,MH begitu mendapat laporan ada. kebakaran hutan dan lahan malam itu juga turun ke lokasi kebakaran,.

Editor: Adrian

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
TERKINI