Jawab Era Transparan, Wartawan Bukittinggi Buat Perhimpunan Jurnalis KIP

Adrian | Editor - Senin, 13 September 2021, 19:17 WIB

Sippp... FJKIP Kota Bukittinggi, Senin 13 September 2021 terbentuk.Sippp... FJKIP Kota Bukittinggi, Senin 13 September 2021 terbentuk./doc

FIXPADANG —Presiden Joko Widodo pada Hari Penyiaran Nasional 2021 tegas mengatakan keterbukaan informasi adalah keharusan di era transparansi kekinian.

Semangat itulah belasan wartawan di Bukittinggi dengan berbekal semangat bismillah... dan untuk mendorong terwujudnya keterbukaan informasi publik bersepakat mendirikan Perhimpunan atau Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Kota Bukittinggi.

"Respon kawan media luar biasa ide disambut aksi, sehingga tak butuh lama, susunan kepengurusan langsung terbentuk melalui musyawarah kekeluargaan," ujae Komisioner Komisi Informasi Sumbar Tanti Endang Lestari menyaksikan semanta kawan pers di kota berjuluk Jam Gadang itu.

Proses pembentukan Perhimpunan Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik atau call name FJKIP Bukittinggi terbilang singkat. Sejumlah wartawan yang sedang beristirahat usai kegiatan liputan harian berbincang tentang informasi kekinian di Kota Bukittinggi, nah Senin 13 September 2021 siang. Di tengah obrolan santai itu, inisiatif pembentukan FJKIP ini tercetus.

“Banyak informasi yang seharusnya disampaikan ke masyarakat, tapi belakangan ini justru tersendat. Banyak pejabat publik takut dan enggan saat dikonfirmasi. Wartawan tentunya harus punya terobosan baru agar ini tidak berlarut-larut,” ujar Januar Jamil, wartawan Suarariaupos, sambil menutup layar telepon selulernya.

Mendengar celetukan itu, Komisioner KPU Bukittinggi, Benny Aziz yang mampir untuk memesan segelas kopi justru menimpali. Dia mengusulkan agar dibentuk sebuah wadah organisasi bagi wartawan yang khusus mengadvokasi keterbukaan informasi publik.

“Coba hubungi Komisi Informasi Sumbar. Kabarnya ada perkumpulan wartawan yang sedang hangat untuk dibahas. Usahakan bentuk forum yang mengakomodir seluruh perwakilan wartawan lintas organisasi,” saran jurnalis televisi itu sebelum menjadi komisioner KPU Bukittinggi. 

Sekitar lima wartawan yang duduk di sekeliling Benny Aziz, langsung mengambil gerak cepat. Langkah awal, dibuatlah sebuah grup Whatsapp. Di grup ini, terkumpul 13 wartawan yang memiliki ide dan semangat serupa. Seluruhnya bersedia meluangkan waktu untuk lekas berkumpul di Sentra Kuliner Lapangan Kantin, Jalan Urip Sumoharjo. Waktu yang dijanjikan Pukul 15.00 WIB.

Editor: Adrian

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot