Jangan Lupakan 3 April, Hari NKRI dan Jangan Sekali-Kali Lupakan Sejarah

Adrian | Editor - Minggu, 4 April 2021, 16:31 WIB

3 April jadi hari NKRI karena tanggal itu M Naysir sampaikan Mosi Integral3 April jadi hari NKRI karena tanggal itu M Naysir sampaikan Mosi Integral/flyer webinar

Oleh: Dr. Adian Husaini

(Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia)

JANGAN lupakan tanggal 3 April...! Itulah tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia! Pada 3 April 1950, Mohammad Natsir, ketua Fraksi Partai Masyumi mengajukan ”Mosi Integral” di Parlemen RIS (Republik Indonesia Serikat). 

Peristiwa itu dikenal sebagai pengajuan Mosi Integral Natsir”, yang memungkinkan bersatunya negara-negara Bagian RIS ke dalam NKRI.  

Mosi Integral Natsir pada 3 April 1950 itulah yang kemudian mengantarkan terbentuknya kembali Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bung Hatta menyebutkan, bahwa Proklamasi Kedua secara resmi diumumkan pada 17 Agustus 1950. Proklamasi pertama,tanggal *17 Agustus 1945.* 

Dengan Mosi Integral Natsir itu, maka bubarlah Republik Indonesia Serikat (RIS) yang merupakan hasil konferensi Inter Indonesia – antara delegasi Republik Indonesia dan delegasi BFO – di Yogyakarta 19-22 Juli 1949. 

Pembentukan BFO adalah upaya Belanda untuk mengepung Republik Indonesia. Negara-negara BFO adalah:

Negara Dayak Besar, Negara Indonesia Timur, Negara Borneo Tenggara, Negara Borneo Timur, Negara Borneo Barat, Negara Bengkulu, Negara Biliton, Negara Riau, Negara Sumatera Timur, Negara Banjar, Negara Madura, Negara Pasundan, Negara Sumatera Selatan, Negara Jawa Timur, dan Negara Jawa Tengah. 

Editor: Adrian

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot