Data Pribadi Peduduk Bocor, Guspardi Gaus sebut Memalukan dan Memilukan

Adrian | Editor - Minggu, 23 Mei 2021, 10:03 WIB

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus sebut data penduduk bocor adalah memalukan dan memilukan, Minggu 23 Mei 2021.Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus sebut data penduduk bocor adalah memalukan dan memilukan, Minggu 23 Mei 2021./doc

FIXPADANG.COM -- Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menyatakan dugaan kebocoran data 279 juta penduduk Indonesia sesuatu yang sangat memalukan dan memilukan.

"Ini merupakan sebuah  warning begitu lemahnya ketahanan siber di negara kita, " ujar Guspardi kepada wartawan  Minggu 23 Mei 2021 di Jakarta. 

Dugaan bocornya data pribadi penduduk Indonesia kata Guspari jadi bukti perlindungan data pribadi di tanah air masih sangat lemah.

"Dampak ujungnya tetap saja masyarakat yang menjadi korban, "ujar Guspardi. 

Dari informasi didapat Anggota DPR RI dari Fraksi PAN asal Sumatera Barat ini mitra Komisi II DPR RI yaitu Kemendagri sudah menginformasikan.

"Dan Kemendagri pastikan bahwa kebocoran data bukan berasal dari Kementrian Dalam Negeri."ujar Guspardi.

Hasil analisis Tim Ditjen Dukcapil, Zudan Arief Fakhrulloh selaku Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri telah memastikan dugaan kebocoran 279 juta data penduduk bukan bersumber dari Instansinya.

Dari hasil penelusuran Kemeninfo yang disampaikan juru bicaranya telah menemukan dugaan bahwa sampel data yang beredar identik dengan  data dari BPJS Kesehatan.

Editor: Adrian

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler

sorot