Bakar Honai di Ilaga Papua, Kepala Suku: Situasi Sudah Aman

Romelt - Senin, 3 Mei 2021, 19:43 WIB

AKBP Arief Fajar SatriaAKBP Arief Fajar Satria

Situasi di Kabupaten Puncak mulai kondusif pasca kontak senjata antara KKB dan TNI Polri (Vidio: Dok-Tribratanews)/Tribratanews

FIXPADANG.COM-Pasca kontak tembak senjata antara kelompok kriminal bersenjata (KKB) dengan TNI polri situasi keamanan di wilayah kabupaten Puncak mulai kondusif. Tak hanya melukai aparat, KKB juga meneror bahkan membunuh warga sipil setempat.

Untuk mengatasi gangguan kelompok kriminal bersenjata tersebut, aparat gabungan TNI-Polri menerjunkan pasukannya. Bahkan pasukan gabungan TNI-Polri juga mengirim personel tambahan agar senantiasa memberikan pengamanan untuk masyarakat di Kabupaten Puncak.

Mobilitas masyarakat di Kabupaten Puncak pun sudah kembali normal. Hal ini ditunjukkan dengan ramainya kegiatan di pasar Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.Sebagai ungkapan bentuk syukur dan merupakan simbol perdamaian, masyarakat menggelar tradisi adat bakar honai di wilayah Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Senin (3/5) pagi.

Baca juga: Jelang Musprovlub KONI, Andre Rosiade Mari Jualan Program Jangan Karena Dekat Gubernur

Tradisi bakar honai ini dipimpin langsung oleh Kepala Suku Puncak Nicolas Salom. Menurut Nicolas, bakar honai ini menandai telah berakhirnya permasalahan konflik antara simon alom dan elvis tabuni secara adat.

"¹Ini saya punya adat mulai hari Senin (3/5) hingga Selasa (4/5). Selama kegiatan dimulai situasi sudah aman, hingga selesai kegiatan aman lagi," ujar Nicolas.

Dalam persiapan pelaksanaan tradisi adat bakar honai tersebut turut dihadiri oleh Wakasatgas Humas Nemangkawi AKBP Dr. Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., dan Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia. Kehadiran keduanya untuk menyapa dan menyambangi masyarakat setempat.

Editor: Romelt

Sumber: tribrata news

tags
Artikel Rekomendasi