Awass... Sumbar Segera Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19, Andani : Harus Lebih Diwaspadai

Adrian | Editor - Senin, 19 April 2021, 12:10 WIB

Sumabr menuju gelombang ketiga covid-19, ngeri dan harus tingkatkan kewaspadaan.Sumbar menuju gelombang ketiga covid-19, ngeri dan harus tingkatkan kewaspadaan./doc

FIXPADANG.COM-- Staf Ahli Menkes RI yang juga pimpinan dua laboratorium pemeriksa sample swab di Sumbar Dr dr Andani Eka Putra mengatakan Sumbar harus segera bersiap menghadapi serangan gelombang ketiga covid-19.

"Melihat trend kasus positif dan positivity rate terus meledak, bahkan dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau puncak pandemi September-November 2021, Maret-April 2021 sepertinya sinyal gelombang ketiga covid-19 segera mendera Sumbar," ujar Doktor Andani Eka Putra Senin 19 April 2021, mengulangi keterangannya di zoom meeting Minggu malam tadi.

Mengantisipasi lonjakan pasien dan menurunkan positivity rate maka sinyal gelombang ketiga segera  terjadi di Sumbar harus diwaspadai.

"Kewaspadaan kita sangat penting melihat kondisi covid-19 Sumbar kekinian, bahkan hari ini positvity rate Sumbar menembus batas angker yaitu 21,5 persen," ujar Andani yang juga Kepala Pusat Diagnostik Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand.

ironinya lainya masyarakat mulai lupa pakai masker, dibagi pun masker kata Andani tetap juga tidak dipakai. Padahal, pakai masker antipati dini  dari terpapar covid-19.

"Bahkan ada ASN yang tidak pakai masker sehingga semalam, saya minta Pak Wagub Audy mengambil tindakan, ASN di masjid itu termasuk yang jadi panutan," ujar Andani..

Dr Andani Eka Putra pada diskusi digelar whatsapp group 'Kawal Covid-19 Sumbar" meminta Satgas Covid-19 tinggalkan retorika protokol kesehatan (prokes) tapi kata Andani sekarang butuh penerapan dan pengawasan serta penegakan hukum terhadap protokol kesehatan.

"Siapa saja yang melanggar tegakan hukum ada di UU Kesehatan juga ada di Perda Adaptasi Kebiasaan Baru," ujarnya. 

Editor: Adrian

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot