Antsipasi Tsunami Covid-19, Ayo Tumbuhkan Sadar Kolektif

Adrian | Editor - Minggu, 16 Mei 2021, 11:45 WIB

si Swabber 6000 dr Farhaan Abdullahsi Swabber 6000 dr Farhaan Abdullah/doc

Oleh : dr Farhaan Abdullah si Swabber 6000

HAMPIR setiap 100 tahun muncul wabah seperti   Blackdeath dengan nama berbeda-beda pada setiap wilayah yang terkena wabah. Paling akhir wabah skala besar itu muncul di tahun 1918 di kenal sebagai Flu Spanyol. 

Pandemi global itu seperti punya siklus , sama juga seperti bencana alam yg hebat (gempa akibat letusan  gunung api  ataupun tumbukan lempeng benua yg sering diikuti dengan tsunami ). 

Karena itu bencana alam maupun bencana non alam itu selalu datang dan datang lagi tanpa mampu manusia mencegahnya. Untuk itu lah di lakukan mitigasi  bencana baik bencana alam maupun bencana pandemi. 

Jadi mitigasi itu bukan lah bertujuan untuk mencegah datangnya bencana alam ataupun pandemi tapi jika terjadi bencana dampaknya bisa diminimalisir semaksimal mungkin.

Dan khusus untuk pandemi covid-19, mitigasinya bertujuan untuk memutus mata rantai penularan yaitu dengan  tidak menyediakan tempat bagi covid-19 itu hinggap. 

Dan itu di jalankan dengan tetap memakai masker,  jaga jarak ( social distancing ) , hindari kerumunan ,  sering cuci tangan, tingkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi nutrisi yang baik. 

Pandemi dalam sejarah peradaban selalu mempunyai titik berhentinya walaupun obat dan ataupun vaksinnya belum ada. Dan dengan perkembangan dan  kemajuan ilmu pengetahuan itulah yang menyebabkan pandemi global tidak lagi sampai meluluh lantakan seluruh  peradaban manusia 

Editor: Adrian

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
TERKINI